Selasa, 31 Maret 2009

Meeting KTU dan Ass Keuangan

MEETING KTU dan ASISTEN KEUANGAN

Caringin, 17-20 Februari 2009, oleh : Arif Marzuki



Setelah sebelumnya di awal tahun, yakni pada tanggal 19 Januari 2009 Triputra Agro Persada dan Union Sampoerna Triputra Persada mengadakan Rapat Pembukaan Tahun Kerja 2009 untuk para Dir. Area dan Administratur kebun, maka pada tanggal 17-20 Februari 2009 bertempat di Caringin-Ciawi, TAP dan USTP kembali menyelenggarakan rapat kerja untuk para KTU (Kepala Tata Usaha). Suasana Rapat Kerja yang dihadiri oleh seluruh KTU dan Asisten keuangan dari seluruh kebun ini berjalan rapih dan terorganisir. Pada rapat kali ini, topik mengenai Standar Operasi (Standart Operation Procedure) dari seluruh aktifitas yang ada di Triputra Agro Persada dan Union Sampoerna Triputra Persada menjadi pembahasan utama.

Hari pertama, 17 Februari 2009, merupakan hari pembukaan dari rapat kerja ini, seluruh peserta tiba dilokasi dan diawali oleh sambutan ketua panitia Bpk. Wirianto. Rangkaian pembahasan pada hari pertama antara lain adalah sosialisasi etika perilaku, etika kerja, dan pembagian buku peraturan perusahaan merupakan presentasi awal yang disampaikan oleh Bpk. Jan Burhannudin, setelah makan siang acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh pembicara dari luar Triputra Agro Persada, yakni Bpk. Soegeanto (Dharma Group) yang menyampaikan materi basic mentality dan integrity concept, dan Bpk. Zaratul Khairi yang membawakan materi internal control frame. Pada malam harinya para peserta mengikuti sharing audit (studi kasus) oleh Bpk. Yudha Prayudhi.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Hari kedua, 18 Februari 2009, adalah hari pertama rapat kerja, acara secara resmi dibuka oleh Bpk. Gunardi HA sebagai wakil dari manajemen. Rangkaian sambutan dilanjutkan oleh, Bpk. Arif P. Rachmat yang menyampaikan shareholder messege, yang isinya terdiri dari empat hal utama, yaitu sosialisasi struktur organisasi yang baru, pentingnya peran KTU disite, posisi dan peran KTU di antara Administratur dan Head Office, dan terakhir pentingnya budaya kerja Hemat, Integritas, dan Disiplin.

Suasana peserta dalam mengikuti raker cukup antusias, salah satunya karena panitia menyisipkan acara Ice Breaking yang dibawakan oleh Bpk. Heru Wardoyo, dengan permainan dan banyolannya. Tidak lupa disela-sela acara, peserta mengucapkan selamat kepada Bpk. Rianto Hanafiah, salah satu BOD, yang hari itu berulang tahun.

Materi yang disampaikan hari kedua ini antara lain sosialisasi kebijakan dari Departemen Site Operation yang dibawakan oleh Bpk. Wirianto. Materi lainnya adalah sosialisasi kebijakan dari Departemen Finance, yang disampaikan Bpk. Marisal, dan dilanjutkan dengan sosialisasi kebijakan dari Departemen Accounting yang dibawakan oleh Ibu Agnes Jaa dan Ibu Ria Muljani. Menutup rangkai kegiatan hari kedua adalah materi yang dibawakan oleh Ibu Suswati dan Bpk. Andreas Dono yang menyampaikan sosialisasi dan kebijakan dari Departemen Tax yang berakhir sekitar jam 23.00 wib.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Hari ketiga, 19 Februari 2009, hari kedua rapat kerja, masih meng-agenda-kan beberapa sosialisasi dari berbagai departemen. Diantaranya sosialisasi departemen PPIC oleh Bpk. Marusaha, kebijakan Departemen Budget yang disampaikan oleh Bpk. Fransisco, sosialisasi kebijakan oleh Bpk. Suhdin dari CDO. Tampak interaksi yang seru antara pembicara dan peserta tampak dalam presentasi budget. Setelah makan siang acara dilanjutkan dengan sosialisasi kebijakkan yang disampaikan oleh Bpk. Dwi Setiawan dari Divisi IT dan ditutup yakni dengan presentasi tentang fasilitas & benefit, dan standart penilaian karya oleh Ibu Tri Yuniastuti dari Ibu. Eha R, dari Divisi HRD. Malam harinya diadakan acara ramah tamah dengan hiburan dengan organ tunggal juga permainan-permainan seru yang mengocok perut peserta. Malam itu juga ditampilkan bakat-bakat terpendam peserta dalam menyanyi.



- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Hari ketiga, 20 Februari 2009, hari ketiga rapat kerja, diawali kegiatan outbound yang dikoordinasi oleh Divisi Training dan Project Development. Jam 05.30 WIB para peserta sudah siap dengan kostum olahraga dilapangan melakukan senam pagi bersama. Peserta langsung dibagi menjadi tiga team, melakukan lima jenis permainan yang menitik beratkan pada kerjasama team, PDCA dan QCDSM.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Hari ketiga, 20 Februari 2009, hari ketiga rapat kerja, diawali kegiatan outbound yang dikoordinasi oleh Divisi Training dan Project Development. Jam 05.30 WIB para peserta sudah siap dengan kostum olahraga dilapangan melakukan senam pagi bersama. Peserta langsung dibagi menjadi tiga team, melakukan lima jenis permainan yang menitik beratkan pada kerjasama team, PDCA dan QCDSM. Outbound training berakhir pada pukul 09.30 WIB, setelah melakukan sarapan pagi, para peserta berkumpul kembali diruang Auditorium guna mengikuti acara sosialisasi dari departemen Industrial Relation oleh Bpk. Bonny Reza dan sharing presentasi dari General Service dan Adira Rent mengenai tata cara perawatan mobil. Secara resmi acara ditutup oleh Bpk. Gunardi HA, yang dihadiri pula oleh Bpk. Budiarto Abadi dan Bpk. Jan Burhanuddin pada pukul 13.00 WIB. Setelah melakukan foto bersama para peserta segera bergegas menuju bis untuk kembali menuju Jakarta. Dalam perjalanan pulang menuju Jakarta para peserta diberi kesempatan untuk berwisata belanja di sekitar Bogor, tepatnya di Wisata belanja Tajur. Menjelang malam para peserta tiba kembali di Jakarta dengan membawa materi yang siap diimplementasikan dikebunnya masing-masing. .:AMA:.

Tidak ada komentar: